Wednesday, January 2, 2008

PERINGATAN TIGA TAHUN TSUNAMI 3

JAKARTA 26 DESEMBER 2007

Tragedi Tsunami Aceh

(26 Desember 2004)


Masjid Raya BAITURRAHMAN BANDA ACEH Pasca Tsunami (Minggu 26 Desember 2004), foto tanggal 1 januari 2005


Berkas:2004 Indonesia Tsunami edit.gif

Gambar Simulasi Tsunami - 26 Desember 2004

TSUNAMI INDONESIA

SISA-SISA TSUNAMI DI BANDA ACEH

Desa lambung, kecamatan Meuraxa Banda Aceh, 500 meter dari pantai Ulee lheue.
Penduduk dari 2000 jiwa tinggal 10% , yaitu 200 jiwa yang selamat.

LSM Australia Bantu Korban Tsunami Aceh Sambil Tanamkan Ideologi
Klaim pihak tertentu di Indonesia bahwa ada "intervensi asing" dalam misi kemanusiaan bagi para korban bencana tsunami di Aceh tiga tahun lalu, dibenarkan hasil survei Suratkabar "The Australian" yang dipublikasikan Kamis.

Survei tersebut mendapati penyaluran dana bantuan publik senilai 400 juta dolar Australia itu, dilakukan berbagai LSM Australia melalui proyek-proyek bermotif "rekayasa sosial dan politik" sesuai dengan nilai-nilai ideologis organisasi bersangkutan.

Dalam hasil survei tentang kontribusi lembaga-lembaga swadaya masyarakat (LSM) Australia terhadap para korban tsunami itu, terungkap bahwa proyek bantuan "Oxfam" di Aceh, disertai keinginan untuk mempromosikan nilai-nilai keadilan jender.

The Australian menyebutkan, Oxfam, organisasi kemanusiaan Australia yang bekerjasama dengan masyarakat dunia memerangi kemiskinan dan ketidakadilan sosial, berupaya mengubah sikap pria pedesaan Aceh terhadap kaum wanita melalui sejumlah program aksinya.

Begitupula dengan "World Vision" Australia. Organisasi ini juga mempromosikan nilai-nilai kesetaraan jender dalam proyek bantuan kemanusiaannya bagi para korban tsunami di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) itu.

LSM yang berkantor di 1 Drive Burwood East, Victoria 3151 itu, bahkan mengkampanyekan "landreform" (reforma agraria), untuk mendukung kesetaraan jender, mendidik wanita Aceh dalam "proses demokrasi" dan mendorong mereka masuk kegiatan politik.

Upaya LSM-LSM tersebut mempromosikan nilai-nilai ideologi Barat dalam segenap proyek kemanusiaan dengan dana publik Australia itu, menurut The Australian, juga didukung hasil kajian Don D'Cruz.

Don D'Cruz mengkritik sikap sementara pihak di Australia yang cenderung mengabaikan klaim Indonesia bahwa telah terjadi "intervensi asing" melalui LSM-LSM negara itu.

Padahal memang ada kecenderungan bahwa LSM-LSM semakin terlibat dalam politik walaupun kegiatan ini biasanya samar-samar dilakukan, katanya seperti dikutip suratkabar milik konglomerat media global Rupert Murdoch ini.

Bencana gelombang laut (tsunami) dahsyat terjadi pada 26 Desember 2004. Selain melanda sebagian wilayah Aceh dan Pulau Nias, Sumatera Utara (Indonesia), bencana yang menewaskan sekitar 230 ribu orang itu juga dialami di 11 negara lain. Sebagian besar korban tewas berada di Aceh.


Wassalam

Rachmad Yuliadi Nasir
rachmad_poltektk93 at yahoo dot com

www.rachmadpoltektk93.blogspot.com
www.sabangfreeport.blogspot.com